Kumpulan Amalan wirid dan Doa Mustajab

Tata Cara Puasa Ramadhan Yang Baik & Benar Dari Rasulullah

Tata cara puasa ramadhan yang baik & benar dari rasulullah – Menjalankan ibadah puasa dibulan suci ramadhan yang baik dan benar tentu kita harus mencontoh cara rasulullah SAW dalam puasa dibulan ramadhan, karena rasulullah SAW merupakan contoh yang paling baik dan benar untuk seluruh umat muslim. Semakin kita dapat menyesuaikan cara kita berpuasa dengan tuntunan beliau rasulullah SAW, maka semakin tinggi nilai/pahala kita disisi Allah SWT.
Tata Cara Puasa Ramadhan Yang Baik & Benar Dari Rasulullah
Tata Cara Puasa Ramadhan Yang Baik & Benar Dari Rasulullah
Dalam kesempatan yang berbahagia ini akan sedikit merangkum tentang tata cara puasa ramadhan yang baik & benar sesuai tuntunan dari rasulullah saw, sebenarnya tata cara mengerjakan puasa ramadhan sangat sederhana sekali, bahkan beliau jika ingin berbuka puasa hanya dengan makan kurma dan minum air putih saja. Adapun hal-hal maupun cara berpuasa yang baik dapat anda simak dibawah ini.
Tata Cara Puasa Ramadhan Yang Baik & Benar Dari Rasulullah

1. Bersahur

Apabila hendak ingin mengerjakan puasa di bulan ramadhan, bagi yang menjalankan dianjurkan untuk makan (sahur). Maka sahur tersebut lebih baik ketika waktu menjelang masuk imsak kurang lebih 15 menit sebelum waktu subuh.

Apabila belum berniat berpuasa, maka segeralah berniat puasa disaat hendak ingin makan dengan cara membaca doa niat puasa, dan jangan makan terlalu kenyang. Sesudah makan sahur tunggulah waktu sholat subuh tiba, sambil mengamalkan dengan membaca kitab suci Al-Qur’an.

2. Waktu Puasa

Terbit fajar mulailah berpuasa dengan menahan lapar serta haus, selain itu juga menahan segala perbuatan-perbuatan yang mendatangkan dosa maupun merusak pahala puasa ramadhan sampai terbenam matahari (adzan mahgrib).

Ketika menjalankan puasa harus menjaga perkataan, jadi tidak boleh untuk mengatakan perkataan yang kotor, memperguncingkan kejelekan, teman, tetangga, berkhianat, berbohong, bertengkar dan segala kejelekan yang lainnya. Sebab perbuatan seperti itu tentu dapat membatalkan puasa kita serta tidak ada faedahnya kita berpuasa.

3. Berbuka

Berbuka berarti kita mengakhiri puasa kita dihari itu, makan dan minum akan membuat tubuh kita akan kembali sehat dan kuat, oleh sebab itu segeralah berbuka puasa apabila telah terdengar adzan mahgrib tiba, namun sebelum ingin berbuka puasa, maka hendaklah niat terlebih dahulu dengan cara doa berbuka puasa.

Makanlah terlebih dahulu dengan buah-buahan manis dan menumlah segelas air putih, sebelum ingin makan yang lainnya seperti nasi. Dan jangan untuk makan maupun minum secara berlebihan seperti melampiasakan rasa lapar serta haus, karena makan dan minum secara berlebihan ketika berbuka puasa akan memperlihatkan kerakusan. Hal tersebut akan menghilangkan kerbekahan dalam berpuasa serta dapat membahayakan kesehatan.
Itulah sedikit tata cara sederhana mengerjakan puasa ramadhan yang baik & benar sesuai tuntunan rasulullah SAW. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Berbagi Ya :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Doa Mustajab : Tata Cara Puasa Ramadhan Yang Baik & Benar Dari Rasulullah