Kumpulan Amalan wirid dan Doa Mustajab

Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan

Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhanDoa Nabi Ayyub dalam Al Quran mohon kesembuhan, kesembuhan ketika sakit parah bahasa arab, latin dan terjemahan artinya. Terdapat kisah dalam Al Qur’an bahwa Nabi Ayyub merupakan manusia yang paling sabar, mungkin kesabaranya tiada tanding hingga beliau sakit parah Ia tetap sabar dan selalu bersyukur atas yang telah diberikan Allah SWT. Kesabaran Nabi Ayyub menjadi contoh teladan pada setiap Agama.
Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan
Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan 
Para malaikat dibumi bebicara sesamanya mengenai manusia, dan berkata : Sesunguhnya sejauh mana ibadah mereka. Salah satu malaikat berkata : Tidak ada di muka bumi ini orang yang lebih baik dari pada Nabi Ayyub dalam kesabaran serta ketaatan pada Tuhanya (HR Muslim).
Doa Nabi Ayyub as Ketika Sakit Minta Kesembuhan

Nabi Ayyub yakni manusia paling agung mengenai keimannya yang paling banyak beribadah pada Allah SWT serta selalu bersyukur dalam nikmat-nikmat yang telah diberikan-Nya serta selalu berdakwa di jalan Allah SWT. Hingga suatu ketika Syaitan ingin mengganggu Nabi Ayyub tersebut, karena dia merupakan manusia yang memilki tingkat kesabaran yang tinggi serta keimanan yang kuat.

Lalu syaitan berkata pada Allah SWT, Ya Rabbi hamba-Mu Ayyub telah menyembah-Mu sebagai balasan apa yang Engkau memberikan harta serta anak, dan Engkau telah memberikannya kemuliaan serta kekayaan. Ia takut jika apa yang dimiliki akan binasa serta hancur. Ibadahya bukan murni karena cinta, namun ibadah karena rasa takut apa yang Engkau berikan akan hilang.

Lalu kemudian Allah SWT telah menguji Nabi Ayyub berbagai cobaan-cobaan yang berat kepadanya melalui syaitan, syaitan terus menganggu Nabi Ayyub, akan tapi Nabi Ayyub rasa kesabaran serta keimanan pada Allah tidak pernah pudar dalam dirinya. Allah SWT menguji Nabi ayyub di karena ia merupakan manusia yang benar benar memiliki kesabaran yang tinggi serta keimanan yang kuat. Hingga Allah SWT telah memuji beliau dalam Al Qur’an.

Allah SWT berfirman :

Sesunguhya kami dapati ayyub ialah seseorang yang sabar, dialah sebaik-baiknya hamba. dan sesungguhnya ia amat taat pada Tuhanya (QS Shad ayat 44).

Hingga sampai beliau Nabi Ayyub menderita penyakit yang parah. Akan tetapi dalam kitab Al Qur’an Nabi Ayyub terkena sakit apa tidak dijelaskannya, namun yang diketahui beliau terkena sakit yang sangat parah sekali hingga keluarga serta para sahabatnya tidak berani untuk mendekati Nabi Ayyub kecuali istrinya.

Pada saat itu syaitan sudah kualahan untuk menganggu Nabi Ayyub lagi. Akan tetapi syaitan memilki banyak cara yakni untuk menghasut istrinya Nabi Ayyub.

Lalu istrinya tiba tiba menemui Nabi Ayyub dan berkata :

Istrinya : Hingga kapan Allah SWT akan menyiksamu ? Dimana harta, teman, keluarga, serta kaum kerabatmu ? Dan dimana masa kejayaanmu serta kemuliaanmu dahulu ?

Nabi Ayyub : Sungguh engkau sudah dikuasai oleh syaitan ! kenapa engkau menangisi kejayaan serta kemuliaan yang sudah berlalu ?

Istrinya : Kenapa engkau tidak berdoa pada Allah supaya Dia menghilangkan cobaan darimu serta menyembuhkan penyakitmu dan menghilangkan kesedihanmu ?

Nabi Ayyub  : Berapa lama kita sudah merasakan kebahagiaan itu ?

Istrinya : Delapan tahun

Nabi Ayyub : Berapa lama kita memperoleh penderitaan ?

Istrinya : Tujuh tahun

Nabi Ayyub : Aku malu apabila aku meminta supaya Allah melepaskan penderitaanku ini, saat aku melihat masa kebahagiaan dulu itu. Sungguh iman mu Nampak melemah serta keputusan dari Allah SWT membuat hatimu menjadi sempit. Seandainya saja aku sembuh serta kembali pada kekuatanku. Niscaya aku akan memukulmu 100 kali memakai tongkat, serta aku tidak akan miminum dari minumanmu, dari makananmu, dan melakukan suatu urusan atau memerintahkanmu, jadi pergilah engkau dariku !!!!.

Ketika percakapan antara Nabi Ayyub dengan istrinya selesai. Lalu akhrinya Istrinya juga pergi meninggalkan Nabi Ayyub. Mungkin syaitan sudah berhasil membuat beliau hidup seorang diri dan memilki penyakit yang parah. Akan tetapi rasa kesabaran serta keimanan yang beliau miliki tidak pernah pudar.

Seandainya panyakit Nabi Ayyub di timpahkan pada Gunung-gunung itu Niscaya gunung tidak akan mampu untuk menahan pernderitaan dari penyakitnya. Hingga pada akhirnya beliaupun berdoa pada Allah SWT dalam keadaan penuh kasih sayang serta meminta untuk menyembuhkan penyakit yang dideritanya yang mungkin tidak dapat untuk ditahan. beliau berdoa dalam surat Al Anbiya ayat 83 :

Bacaan surat Al Anbiya ayat 83 :
Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan
Lalu Allah SWT mengabulkan permintaannya. Allah berfirman :
Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan
Yang Artinya :

Maka Kami memperkenankan seruannya, Dan kemudian Kami lenyapkan penyakit padanya dan Kami kembalikan keluarga padanya, serta Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami serta menjadi peringatan bagi semua orang.

Hikmah

Hikmah yang dapat kita ambil diatas ialah, apabila kita memilki suatu cobaan yang berat sabarlah dan tetap beriman pada Allah sebab sesungguhnya Allah SWT bersama dengan orang-orang yang sabar (Al Baqarah ayat 153).

Dalam kisah tersebut bahwa Nabi Ayyub telah di ujian mengenai cobaan musibah yang berat yang dirasakan yakni hidup sendirian, memiliki penyakit kulit yang parah, dan ditinggalkan orang didekatnya. Betapa berat cobaan yang telah dirasakan Nabi Ayyub saat itu, akan tetapi rasa kesabaran serta keimanan tidak melemah, justru semakin kuat.

Adakalah sakit itu harus disyukuri sebab itu ialah bukti kasih sayang Allah SWT pada kita karena :

Rasulullah saw bersabda :

Sakit panas sehari semalam, bisa menghilangkan dosa selama setahun.

Dan tidak ada ada seorang mukmin yang ditimpa oleh lelah, risau fikiran, penyakit, atau sedih hati, sampai pun apabila terkena duri, melainkan semua penderitaan tersebut akan di jadikan sebagai penebus dosa-dosanya, jika meninggal akan terlepas dari siksa kubur. 
(HR Bukhari, Muslim)
Lihat Juga : 6 Doa Amalan Ayat Al Qur’an Untuk Menyembuhkan Segala Penyakit
Itulah pembahasan sekarang mengenai doa Nabi Ayyub ketika sakit minta kesembuhan penyakit parah. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca serta semuanya. Sekian tentang doa Nabi Ayyub as ketika sakit minta kesembuhan

Berbagi Ya :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Doa Mustajab : Doa Nabi Ayyub as ketika sakit, minta kesembuhan