16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul

Tata cara berdoa yang baik & benar agar cepat terkabul – Tahukah anda ada terdapat tata cara berdoa yang baik & benar dalam islam setelah sholat fardhu maupun shalat sunnah. Dalam berdoa tentu kita harus mengetahui adab agar doa makbul, mustajab dan diijabah oleh Allah / cepat dikabulkan Allah. Contoh saja apabila kita ingin meminta pertolongan dari orang lain entah tetangga atau teman, jika kita tidak meminta secara baik & benar tentu orang lain juga tidak sudi (tidak mau) untuk membantu kita.
16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul
16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul
Begitu juga apabila kita meminta sesuatu pada Allah, tentu kita juga harus meminta secara baik & benar agar doa kita mustajab dan cepat terkabul. Dalam pembahan ini akan memberikan tutunan tata cara berdoa yang baik dan benar menurut islam agar doa kita tidak diabaikan (ditolak) oleh Allah. Lantas apa saja adab, tips dan tata cara berdoa yang baik dan benar ? Adapun tata caranya dari bapak ustadz yusuf mansyur sebagai berikut.
Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Doa Makbul

Setiap manusia pasti memiliki suatu keinginan entah keinginan yang mudah maupun yang sulit. Seperti keinginan supaya cita-cita dapat tercapai, keinginan agar cepat dapat jodoh yang baik maupun harapan yang besar lainnya. Maka sebab itu dibulan suci ramadhan ini paling baik dan bagus sekali untuk memperbanyak berdoa kepada sang pecipta kita yakni Allah.

Menurut ustadz jika kita mempunyai sesuatu keinginan maupun hajat yang besar, tugas kita itu hanya dengan memperbanyak berdoa saja kepada Allah saja dan Allah-Lah yang akan menentukan doa kita akan terkabul atau tidaknya.

Oleh sebab itu marilah kita memperbanyak berdoa kepada Allah dengan tata cara berdoa yang baik dan benar menurut islam. Kali ini akan berbagi mengenai tata cara berdoa yang baik dan benar dari ustadz yusuf mansur yang mungkin dapat bermanfaat dan berguna bagi seluruh umat muslim sebagai berikut.

1. Memuji Allah

Memuji Allah dengan cara tasbih, takbir dan tahmid yakni bisa dengan membaca asmaul husna maupun doa apa saja yang isinya itu memuji tentang kebesaran serta kemuliaan Allah.

Contoh Bacaan Tahmid Pendek :
16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul
2. Shawalat Nabi

Diwajibkan setiap ingin berdoa terlebih dahulu membaca shalawat nabi, karena doa akan terhalangi apabila orang tersebut tidak membaca shalawat pada nabi (1&2 HR Thabarani).

Contoh Bacaan Sholawat Nabi :
16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul
3. Taubat

Doa akan lambat dikabulkan Allah apabila kita mempunyai dosa, oleh sebab itu akui semua kesalahan yang sudah diperbuat dimasa lalu. Caranya dengan membaca dzikir doa mustajab nabi yunus ketika diperut ikan puas, doa nabi yunus ini memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa yang isinya untuk mengakui kesalahan kita yang sudah diperbuat (QS Al Anbiya : 87).

Contoh Bacaan Doa Nabi Yunus :
16 Tata Cara Berdoa Yang Baik & Benar Agar Cepat Terkabul
4. Kerendahan diri

Setiap kita berdoa pada Allah maka padukan hati, akal maupun sikap kita berdoa dengan penuh khusyuk. Kerendahan diri dapat digambarkan menunjukkan ketundukan serta kerendahan di hadapan Allah. dan kita memelas memohon sesuatu dengan sangat pada Allah, dalam hati sambil menjerit supaya dikabulkan.

Allah Swt berfirman : mereka yang berdoa pada kami dengan cemas serta penuh harapan, yakni orang yang khusyuk pada kami (QS Al Anbiya : 90).
5. Berdoa Yang Jelas dan Teguh

Dalam berdoa itu harus bersungguh-sungguh (serius)

Rasulullah Saw bersabda :

Janganlah engkau ketika berdoa : Ya Allah ampuni aku apabila Engkau menghendakinya, Ya Allah kabulkan doaku apabila Engkau menghendakinya, maka hendaklah ia teguh setiap berdoa karena perbuatan itu tidak di benci Allah (HR Abu Daud).

6. Memperbanyak Doa

Sebagai umat muslim sebaiknya berdoa pada Allah baik dalam keadaan lapang ataupun dalam keadaan kesulitan.

Rasulullah bersabda :

Tidak ada seorang muslim berdoa untuk meminta sesuatu pada Allah, melainkan Allah mengabulkan sebagaimana yang telah di mintakan bagi hambanya, selama orang tersebut tidak mendoakan yang mengandung dosa ataupun memustuskan tali silaturahmi, Allah akan menerima doa hambanya yang lebih banyak lagi (HR Tirmidzi).

7. Berdoa Suara Lembut

Janganlah anda berdoa dengan suara keras-keras karena Allah Maha Mendengar. Oleh sebab itu berdoalah dengan cara yang lembut.

Berdoalah berendah diri dan suara lembut. Sesungguhnya Allah tidak suka dengan orang melampaui batas (QS. Al-A’raf: 55)

8. Mengulangi Doa Tiga Kali

Rasulullah Saw ketika berdoa kepada Allah, beliau selalu mengulanginya hingga 3 kali (HR Muslim).

9. Menghadap Kiblat

Rasulullah Saw ketika ingin berdoa, beliau selalu menghadap kiblat (HR Bukhari).

10 Mengangkat Tangan

Rasulullah Saw bersabda :

Sesungguhnya Allah Maha Pemurah pada hamba-Nya, Dia malu apabila hamba-Nya mengangkat kedua tangan kepada-Nya dan mengembalikan dalam keadaan kosong (HR Tirmidzi).

11. Waktu Berdoa

Mencari waktu berdoa yang baik dan benar sangat dianjurkan, karena doa akan lebih mustajab dan diijabah oleh Allah. Salah satu dengan berdoa ketika berbuka puasa, ketika sujud, Adzan serta Iqomah, sepertiga malam dan lain-lain (HR Ibnu Majah, Bukhari, Abu Daud).

12. Perbanyak Ibadah

Perbanyaklah beribadah seperti menjalankan sholat wajib 5 waktu maupun sholat sunnah lainnya (HR Bukhari).

13. Berwundhu

Ketika selesai perang Hunain Rasulullah Saw meminta air, lalu Rasulullah berwundhu serta mengankat tangannya untuk berdoa (HR Muttafaq’alaih).

14. Tujuan/ Maksud Yang Baik

Sesungguhnya Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui (QS Al Baqarah :30).

15. Singkat Tapi Padat

Aisyah ra berkata : Rasullullah Saw menyukai doa-doa yang singkat namun padat maknanya dan meninggalkan selain itu (HR Abu Daud).

16. Menangis Ketika Berdoa Sebab Takut Kepada Allah

Rasulullah SAW bersada : Tidak sesuatu lebih disukai Allah melainkan dua tetesan serta dua bekas, yakni tetasan takut pada Allah serta tetesan darah untuk mempertahankan agama Allah (HR Tirmidzi).
Itulah tutunan tata cara yang baik & benar agar cepat terkabul doanya. Semoga dapat bermanfaat terimkasih sudah berkunjung.