10 Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya

Amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan pahalanya – Di bulan ramadhan dapat dikatakan juga merupakan bulan panen pahala. Karena semua amalan ibadah di bulan ramadhan pahala akan dilipatgandakan bisa 1000 kali lipat dalam melakukan amalan di bulan ramadhan sesuai sunnah baik dikerjakan wanita maupun pria yag ingin mendapatkan pahala yang besar.
10 Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya
10 Amalan di Bulan Ramadhan Dilipatgandakan Pahalanya
Sebagai umat muslim tentu sangat bagus sekali mengerjakan berbagai amalan doa dan wirid di bulan ramadhan, baik amalan wajib maupun yang amalan sunnah. Lalu apa saja amalan dibulan ramadhan dilipatgandakan pahalannya ? Adapun amalan yang paling besar pahalanya di bulan ramadhan antara lain dapat anda simak dibawah ini.
Amalan di Bulan Ramadhan Yang Pahala Besar

Inilah amalan di bulan ramadhan antara lain sebagai berikut ini.

1. Berpuasa

Mengerjakan puasa dibulan ramadhan pahalanya akan dilipatgandakan dibandingkan dengan amalan lainnya, hal tersebut dikarenakan bulan ramadhan ialah bulan yang mulia, Allah menjadikan puasa ramadhan sebagai bagian dari rukun islam.

Bagi siapa puasa di bulan Ramadhan karena iman & mengharap pahala dari Allah maka dosa masa lalu akan diampuni (HR Bukhari).

2. Sholat Tarawih dan  Witir

Memang sholat tarawih dan witir ialah sholat sunnat. Namun Allah akan merindhoi bagi siapa kaum islam yang mau untuk mengerjakan sholat tarawih dan sholat witir di bulan suci ramadhan tersebut. Tidak Cuma memperoleh pahala yang besar dan berlipat ganda saja, akan tetapi juga untuk menjalin silaturahmi kepada masyarakat atau tetangga lainya, karena sholat tarawih dan witir ini dapat dikerjakan secara berjamaah di masjid, sehingga Allah akan memberikan beribu berkah pada kaum muslimin. Dan sholat tarawih juga dapat menghapus dosa yang dulu pernah diperbuat.

3. Tadarus Al Qur’an

Tadarus Al Quran ialah hal yang sangat dianjurkan pada dibulan suci ramadhan. Sebab Allah akan memberikan pahala besar / berlipat ganda bagi orang yang bersedia membaca Ayat ayat dalam Al-Qur’an dengan cara memahami maksud dari ayat tersebut. Bahkan Allah memberikan satu kebaikan untuk satu huruf telah dilantunkan.

4. Ilmu Agama

Gunakan juga waktu luang anda untuk memperdalami ilmu-ilmu agama.

5. Perbanyak Dzikir

Perbanyaklah sesudah sholat berdzikir kepada Allah ketika di bulan suci ramadhan, karena bulan ramadhan yakni bulan yang mulia, sehingga orang yang rajin berdzikir sesudah sholat maka pahalanya sangat besar, anda dapat berdzikir dengan asmaul husna yakni sifat sifat Allah yang baik.

6. Perbanyak Berdoa

Selain berdzikir maka wajib sekali memanfaatkan bulan suci ramadhan ini untuk memperbanyak berdoa kepada Allah. Karena doa orang berpuasa dan sesudah puasa doanya tidak tertolak oleh Allah.

7. Umrah

Umrah dibulan ramadhan pahalanya senilai dengan haji, maksud senilai dengan haji yakni sama dan semisal dalam pahala, namun sebenarnya pahala haji itu lebih berlipat-lipat dari pada pahala umrah, karena haji ialah rukun islam.

8. Bersedekah

Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia dan penuh keberkahan, maka sebab itu manfaatkan bulan suci ini untuk membantu fakir miskin, maka insyaAllah akan dibalas Allah berlipat-lipat ganda dalam rezeki ataupun pahala.

9. Zakat Fitrah

Zakat fitrah ialah sedekah yang sangat wajib sekali bagi seluruh umat muslim, bagi yang sudah baligh maupun masih bayi berumuran seminggu wajib juga zakat fitrah. Adapun zakat fitrah yang bisa anda keluarkan yakni bahan makanan sehari-hari seperti beras, jagung, gandum dan lain sebagainya.

Banyaknya zakat fitrah setiap orang diwajibkan kurang lebih 2,5 kg atau 3,5 liter. Zakat fitrah dapat dikeluarkan diakhir bulan puasa hingga tiba sholat idul fitri.

10. I’tikaf

I’tikah ialah mempunyai nilai sangat tinggi pahalanya, karena saat Nabi Muhammad SAW membangun rumah tangga bersama istrinya. Mereka selalu melakukan i’tikaf dibulan ramadhan. I’tikah di bulan suci ramadhan mempunyai pahala yang akan dilipatgandakan terutama bagi umat muslim yang beri’tikaf di 10 hari terakhir bulan ramadhan yakni bulan Lailatul Qodar, yang dimana semua doa, ibadah dan lain sebagainya akan diridhoi oleh Allah. Oleh sebab itu amalan 10 hari terakhir bulan ramadhan.

Itulah mengenai amalan di bulan ramadhan yang pahala sangat besar. Sebab bulan ramadhan suatu bulan yang penuh hikmah,keberkahan dan mulia, dan bulan yang tidak bisa dilupakan mulianya bagi seluruh kaum muslim.  Apalagi malam 10 hari terakhir yang terkandung suatu persitiwa-peristiwa yang sangat mulia sekali yakni turunya Lailatul Qadar.

Jika anda beribada dimalam itu lebih baik daripada 1000 bulan ataupun 83 tahun 4 bulan. Oleh sebab itu alangkah beruntung bagi umat muslim yang bisa mengerjakan amalan doa di malam Lailatul Qadar.
Itulah sedikit membahas mengenai amalan di bulan ramadhan dilipatgandakan pahalanya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.