Doa Mustajab Dan Amalan Wirid Ampuh

Kumpulan Amalan Wirid dan Doa Mustajab

21 Manfaat, Keutamaan, Hikmah Puasa Ramadhan Luar biasa

loading...
Manfaat, Keutamaan, Hikmah Puasa Ramadhan – banyak manfaat, keutamaan, hikmah puasa ramadhan luar biasa yang belum banyak orang mengetahuinya. Dalam kesempatan ini akan berbagi sedikit tentang manfaat, keutamaan, hikmah dibalik puasa ramadhan yang luar biasa. Bulan ramadhan yakni bulan yang paling ditunggu dan dirindukan seluruh umat islam di dunia tentunya. Karena bulan suci ramadhan ialah bulan yang banyak mempunyai kesitimewaan dan hikmah yang sangat luar biasa.
21 Manfaat, Keutamaan, Hikmah Puasa Ramadhan Luar biasa
Seperti mendapatkan pahala berlipat-lipat ganda hingga terdapat jaminan untuk masuk surga, bagi anda yang belum mengetahui manfaat, keutamaan dan hikmah puasa ramadhan, maka saatnya anda mengetahuinya. Agar anda lebih khusyu’ untuk mengerjakan puasa ramadhan ini lebih baik dari tahun yang sebelumnya. Berikut ini kami sajikan tentang manfaat, keutaman, hikmah dibalik puasa ramadhan.

Keutamaan Dibalik Puasa Ramadhan

Inilah keutamaan dibalik puasa ramadhan dapat ada lihat dibawah ini.

1. Puasa dibulan ramadhan menjadi penebus dosa dimasa lalu.

2. Puasa dibulan suci ramadhan dapat masuk surga ar raiyan.

3. Puasa merupakan penangkal.

4. Orang yang mengerjakan puasa akan mendapatkan kegembiraan.

5. Orang yang berpuasa dan mengerjakan amalan dibulan puasa akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat.

6. Bau mulut dari orang berpuasa bagi Allah wanginya lebih dari bau kesturi.

7. Berpuasa dan membaca Alqur’an akan memberikan syafaat.
Manfaat dan Hikmah Puasa Ramadhan

1. Bagi orang yang mengerjakan puasa yakni menahan haus dan lapar hingga adzan maghrib tiba, tentu dapat menimbulkan perasaan dalam hatinya ingin menolong fakir miskin, karena orang yang tidak mampu seperti fakir miskin kadang-kadang hingga 2 hari tidak makan.

2. Untuk menumbuhkan sifat sabar, orang berpuasa akan terlatih untuk manahan kelaparan, haus serta keinginan, tentu dapat menimbulkan perasan dalam hatinya untuk bersabar dalam menahan segala penderitaan maupun kesengsaraan.

3. Mendidik diri sendiri untuk bersifat tanggung jawab dan amanah.  Sebab dengan berpuasalah orang tersebut dapat melatih diri agar menjadi kepercayaan orang dan juga terdidik untuk menjauhkan dari perbuatan munkar maupun keinginan yang tidak baik.

4. Mendidik bersifat jujur, karena dengan berpuasa orang dapat menjaga darinya dari sifat-sifat pendusta.

5. Manfaat puasa bagi kesehatan sangat banyak, salah satu untuk menurunkan berat badan, karena apabila obesitas tentu akan menimbulkan penyakit kronis berbahaya, dan puasa juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menimbulkan penyakit kronis seperti jantung dan stroke. Dan manfaat puasa juga dapat untuk lebih menyehatkan ginjal kita.

6. Berpuasa dapat untuk membersihkan jiwa kita dari segala perbuatan buruk, karena berpuasa akan mencegah perbuatan yang mendatangkan dosa atau durhaka pada Allah.

7. Meningkatkan taqwa,  puasa dibulan ramadhan juga dapat untuk meningkatkan ketaqwaan kita pada Allah SWT, hal tersebut sudah tertulis dapa surat Al Baqarah ayat 183.

8. Bulan penuh pengampuanan, dalam hadits dari HR Bukhari Muslim menjelaskan bahwa bagi siapa orang berpuasa di bulan ramadhan kemudian mengharapkan ridho Allah, maka dosa yang lalu akan di ampuhi dan dihapusnya.

9. Pahala berlipat ganda, bulan ramadhan merupakan bulan penuh hikmah dan keberkahaan. Di bulan ramadhan ini sangat spesial di mata Allah, maka sebab itu Allah akan melipatgandakan pahala kaum islam yang mengerjakan puasa dan beribadah dibulan ramadhan dengan pahala 700 kali lipat (HR Muslim).

10. Jaminan masuk surga, dalam hadist riwayat HR Baihaqi menuliskan mengenai saat dibulan suci ramadhan semua pintu surga akan dibuka selebar-lebarnya, dan sedangkan pintu neraka serta setan akan dibelenggu.

11. Ibadah kita dibulan suci ramadhan akan dibalas oleh Allah, hadist dari HR Bukhari, Muslim, Allah SWT akan membalas semua ibadah yang dilakukan dibulan ramadhan ini.

12. Lailatur Qodar ialah satu malam sangat indah dibulan suci ramadhan, malam itu setara dengan 1000 bulan, apabila kita mendapatkan malam Lailatul Qodar, maka kita akan mendapatkan banyak berkah serta ridho oleh Allah, pada umumnya malam penuh berkat terjadi 10  hari terakhir dibulan ramadhan.

13. Dibulan ramadhan tentu akan memperat tali siraturahmi  antara keluarga maupun masyarakat.

14. Berlatih bersyukur kepada Allah, karena berpuasa tentu akan menahan kita lapar dan haus hingga terdengar adzan maghrib tiba, tentu dalam hati akan tibul rasa bersyukur dapat makan dan minum ketika berbuka puasa, coba anda bayangkan fakir miskin yang mungkin tidak bisa makan 1 hari bahkan 3 hari.
Itulah mengenai manfaat, keutamaan, hikmah puasa ramadhan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

loading...
loading...
Back To Top