Kumpulan Amalan wirid dan Doa Mustajab

15 Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah

Hal-hal yang membatalkan pahala puasa ramadhan / sunnah – Dalam berpuasa dibulan suci Ramadhan tidak hanya untuk menahan makan dan minum saja. Akan tetapi menahan segala hal-hal mengurangi pahala puasa ramadhan atau sunnah ataupun hal-hal yang dapat membatalkan pahala puasa ramadhan / sunnah.
15 Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah
15 Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah
Selain untuk menahan hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan / sunnah, akan tetapi di bulan suci ramadhan yang penuh berkah dan hikmah ini. Tentu seluruh umat islam didunia akan berlomba lomba untuk mendapatkan pahala besar atau berlipat-lipat ganda. Yang dimana menurut dalam Al Qur’an pahala dibulan suci ramadhan akan dilipat gandakan 10.000 kali lipat.
Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah

Maka sebab itu tentu sangat beruntung sekali bagi umat muslim yang masih bisa untuk menikmati bulan suci ramadhan ini untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya salah satu dengan menjalankan puasa sebulan yang wajib sekali dikerjakan bagi seluruh umat muslim.

Tentu untuk mendapatkan pahala berlipat ganda, maka setiap muslim yang mengerjakan puasa dilakukan dengan cara khusyuk ketika terbitnya fajar hingga terdengar adzan magrib. Lantas bagaimana cara memperoleh puasa dengan cara khusyuk ? Nah oleh sebab itu kami disini akan menuliskan sedikit hal-hal yang membatalkan puasa ramadhan atau hal yang dapat mengurangi pahala puasa ramadhan, agar puasa kita dapat diterima oleh Allah dan mendapatkan pahala yang besar.

Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah

Inilah hal-hal yang dapat membatalkan puasa ramadhan maupun hal mengurangi pahala puasa /  sunnah sebagai berikut.

1. Makan dan Minum

Batal puasa apabila orang tersebut sengaja makan dan minum ketika sedang puasa, akan tetapi apabila orang tersebut makan dan minum karena benar-benar lupa, maka puasanya tidak batal jadi boleh untuk melanjutkan berpuasa.

2. Bercampur Suami Istri

Bercampur suami istri ketika sedang puasa maka puasa tersebut pasti batal.

3. Niat Buruk

Walaupun tidak makan dan minum, akan tetapi orang tersebut sudah mempunyai niat buruk ingin membatalkan puasa, maka puasanya akan batal.

4. Hald dan Nlfas

Hal ini khusus bagi wanita, bagi wanita yang sedang mengerjakan puasa, akan tetapi di tengah-tengah puasa sedang hald atau Nlfas maka puasanya akan batal.

5. Hilang Akal

Hilang akal, gila ataupun pingsan dan lain sebagainya dapat membatalkan puasa.

6. Keluar air Manl

Keluar air manl disengaja dapat membatalkan puasa, akan tetapi keluar air manl karena mimpi tidak akan membatalkan puasanya.

7. Murtad

Murtad hal dapat menyebabkan keluar islam contoh mengingkari keberadaan Allah sebagai dzat satu ketika sedang puasa maka puasa batal.

8. Perbuatan Kejl

Orang puasa melarang kita untuk melakukan perbuatan keji, seperti melakukan penganlayaan pada orang lain, mencuri dan lain sebagainya

9. Nonton

Nonton film dew*sa secara online maupun di komputer ketika sedang puasa, hal ini dapat mengurangi pahala puasa bahkan membatalkan puasa.

10. Berkata Bohong

Berbohong ialah merekayasan sesuatu hal yang tidak benar. Hal ini dapat membuat puasa tidak khusyuk sehingga akan mengurangi pahala puasa bahkan dapat membatalkan puasa yang sering disepelekan sebagian orang tertentu, oleh sebab itu jangan sekali-kali untuk berbohong.

11. Muntah Disengaja

Muntah-muntah disenjaga merupakan hal yang dapat membatalkan puasa, contoh dengan memasukan jari kedalam mulut agar muntah-mutah. Namun apabila muntah tanpa disengaja karena mual ketika dalam perjalanan atau sakit, maka hal tersebut tidak membatalkan puasa.

12. Membicarakan Aib Orang Lain

Ketika berbuasa membicarakan aib orang lain dapat membatalkan puasa, karena akan menyebarkan fitnah pada orang tersebut.

13. Marah Marah

Puasa dapat melatih kita untuk bersabar menghadapi situasi apapun, baik itu situasi membuat emosional naik maupun situasi menunggu ketika berbuka puasa. Akan tetapi apabila kita tidak dapat untuk mengatur emosi kita seperti marah, bertengkar dengan suami istri, beradu mulut dengan tetangga. Maka puasa kita akan batal, bahkan pertengkaran itu tidak segera diselesaikan 3 hari maka haram hukum bagi mukmin mendapatkan rindho Allah.

14. Membuat Suami Marah

Bagi anda yang sudah menikah, maka janganlah membuat suami menjadi marah, apalagi dibulan suci ramadhan ini, sebab di hadits menyatakan bagi siapa istri membuat suami marah, maka seluruh ibadah akan tertolak oleh Allah salah satu melakukan puasa ramadhan walaupun puasanya penuh. Karena suami merupakan jalan istri ke surga.

15. Zlna

Zlna disini dalam arti luas seperti menonton, berciuman, berduaan, dan lain sebagainya, apalagi  belum sah suami istri yang dapat mengurangi pahala puasa dan bahkan bisa batal.
Demikian mengenai hal-hal yang membatalkan pahala puasa ramadhan / sunnah. hal yang membatalkan puasa diatas juga berlaku puasa apa saja seperti mengerjakan puasa senin kamiskarena Allah-Lha yang Maha Mengetahuinya.  Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

Berbagi Ya :
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Doa Mustajab : 15 Hal-Hal Yang Membatalkan Pahala Puasa Ramadhan / Sunnah