Doa Mustajab Dan Amalan Wirid Ampuh

Kumpulan Amalan Wirid dan Doa Mustajab

5 Alasan Kenapa Anak Harus Belajar Puasa Sejak Dini

loading...
Kenapa anak harus di belajar puasa sejak dini – Pembahasan ini akan sedikit menuliskan tentang alasan kenapa anak harus belajar puasa sejak dini. Dalam setiap setahun sekali, seluruh umat muslim tentu akan bertemu kembali pada bulan suci ramadhan yang penuh berkah dan mulia. Tentu dibulan ramadhan seluruh umat islam akan di wajibkan untuk mengerjakan puasa, baik di usia remaja, dew*sa bahkan masih anak-anak.
5 Alasan Kenapa Anak Harus Belajar Puasa Sejak Dini
5 Alasan Kenapa Anak Harus Belajar Puasa Sejak Dini
Sebagai orang tua tentu akan sangat khawatir bahkan takut jika menyuruh untuk berpuasa dibulan ramadhan. Karena anak tersebut masih dalam proses pertumbuhan, jadi jika anak tersebut tidak makan maupun mengkomsumsi nutrisi yang cukup, maka nantinya pertumbuhan akan jadi terhambat. Apabila anda berfikir demikan maka luangkan waktu untuk membaca dibawah ini.
Alasan Kenapa Anak Harus Belajar Puasa Sejak Dini

1. Melatih beribadah

Saat bulan ramadhan telah tiba, tentu anak-anak akan senang, dalam arti dapat berkumpul dengan teman-teman, Manfaatkan untuk mengajak beribadah seperti mengajarkan mengaji, berjamaah di masjid, berpuasa dan lain sebagainya, sebab apabila saat senang seperti ini, maka ibadah mereka akan bangkit menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya.

2. Lebih sehat

Sebagian besar kedua orang tua tentu akan merasa takut apabila mengajarkan anak ataupun menyuruh untuk berpuasa. Ketakutan orang tua terjadi apabila nantinya akan jatuh sakit karena tidak makan apapun ketika puasa. Sebenarnya anggapan itu salah, karena ketika sedang berpuasa maka akan jauh lebih sehat.

Alasannya ialah ketika anak berpuasa, sehingga tidak mengkomsumsi jajanan pinggir jalan yang kurang sehat untuk pertumbuhanya, maka kesehatan akan lebih terjaga ketika berpuasa.

3. Empati

Saat sedang berpuasa, maka anak akan lebih mengerti bagaimana rasanya jadi seseorang yang sulit makan, sulit yang dimaksud ialah sulit dalam mendapatkan makanan. Jadi sangat bagus sekali untuk membangun empati pada anak tersebut, yang dimanaakan lebih menghargai adanya makanan yang disajikan oleh orang tua.

4. Emosi

Dalam berpusa tentu akan membuat anak lebih terkendali dalam emosinya, karena saat sedang berpuasa terdapat batas-batas yang dapat membuat puasa menjadi batal. Dimana batas itu ialah marah ataupun emosi, disinilah akan berusaha untuk menahan agar tidak emosi/marah, sehingga hal tersebut akan menciptakan pengendalian emosi pada anak.

5. Menyeimbangkan Tubuh

Kenapa anak harus diajari puasa sedak dini ialah untuk menyeimbangkan tubuh, karena puasa tersebut akan bikin detoksifikasi berbagai macam jenis racun dalam tubuh, terutama racun tersebut berasal melalui makanan yang kurang sehat, seperti hal makanan cepat saji dan lain sebaginya. Apabila adanya detoksifikasi racun itu, maka tubuh akan semakin seimbang serta sehat, baik seimbang di sistem pencernaan maupun pada bagian yang lainya.
Lalu kapan anak harus belajar puasa ? Anak boleh belajar puasa ketika usia sudah 5-7 tahun keatas. Itulah sedikit tulisan tentang alasan kenapa anak harus belajar puasa sejak dini. Semoga dapat bermanfaat.

loading...
loading...
Back To Top